INTERKONEKSI

Interkoneksi Jaringan antara Puskesmas dan Dinas Kesehatan mulai diimplementasikan pada tahun 2009.

Agar dapat mendukung kebutuhan komunikasi data pada SIK, maka dilakukan perancangan jaringan yang memiliki sifat seperti berikut:

1. Reliable & Resilient

Desain jaringan mempertimbangkan kebutuhan paket data yang melewati jalur komunikasi, harus dapat dikirimkan dalam tempo yang konsisten, serta apabila terjadi perubahan pada topologi, baik disengaja maupun tidak, maka hanya akan memberikan dampak yang minimum terhadap performansi jaringan.

2. Manageable

Desain jaringan mempertimbangkan kebutuhan kemudahan untuk menemukan dan memperbaiki problem pada komponen jaringan secara cepat dan mengatur secara tepat kebutuhan jaringan dalam proses transaksi data.

3. Scalable

Desain jaringan memepertimbangkan kebutuhan untuk pengembangan dimasa mendatang tanpa memerlukan upgrade secara mendasar atau dalam skala besar.

Desain Jaringan Fisik

Interkoneksi 37 simpul dalam jejaring DKK-Puskesmas, menggunakan topologi hub-and-spoke. Realisasi dari topologi ini adalah dengan pemilihan sebagian simpul untuk difungsikan sebagai hub yang akan menjadi point-of-presence (PoP) dan menghubungkan simpul-simpul sekitarnya. Hal ini ditempuh dengan melihat kondisi geograsif kota Semarang, dan posisi demografi keberadaan, Puskesmas.

Network Diagram DKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s